Namanya Tide Pod Challange yang sempat digandrungi remaja labil Amerika Serikat untuk sebuah tantangan dan ditayangkan di Youtube. Tapi rupanya perbuatan mereka berbuah malapetaka, ada yang keracunan bahkan kematian. Seperti apa sih challange yang mereka lakukan?
Tide sendiri adalah perusahaan multinasional di negeri Paman Syam yang bergerak di bidang deterjen. Tide yang berasal dari kata Inggris kuno yang berarti “waktu” mempunyai nama brand yang berbeda di setiap negara seperti Alo di Turki, Vizir di Polandia dan Ace di negara-negara Amerika Latin. Di Indonesia bisa dijumpai di supermarket terbesar dan tertentu saja yang menyediakan produk deterjen premium ini.
Deterjen kapsul (capsule detergent) sendiri memang deterjen dalam bentuk kemasan kapsul dan oleh pihak Tide dibuat semenarik mungkin bahkan seperti kembang gula. Mulanya aksi ini hanya orang iseng saja pura-pura menelan deterjen dan mempublikasikannya di Youtube dan malah dicontoh orang-orang bodoh agar dikenal dan menjadi viral. Bukannya mendapatkan nama bagus tapi dijemput malaikat maut!
Kabarnya sudah 10 orang meninggal menelan Tide Pod, 10 orang lainnya menderita demensia yakni penurunan atau gangguan fungsi otak. Bahkan dalam suatu percobaan deterjen kapsul ini mampu merusak citra makanan ketika disandingkan.
Aksi konyol tersebut tak pantaslah ditiru. Deterjen fungsinya kan membersihkan bahan kain. Kalau masuk ke tubuh manusia mengakibatkan keracunan bahkan kematian. Beruntung aksi ini tidak sempat merebak ke Indonesia dan menirunya seperti challange yang lain dan sempat viral seperti aksi menyiram diri sendiri dengan es batu dalam ember (ice bucket challange). Kalau ini tidak mengapa, badan malah segar kena batu es, apalagi saat siang dan panas, hehehe…
Tentu saja produsen tidak bisa disalahkan pada aksi gila menelan deterjen kapsul ini yang sempat viral dan akhirnya ditutup penayangannya oleh pihak Youtube. Apakah dengan hal-hal kontroversi ini akan meningkatkan penjualan produsen terkenal tersebut maupun lokal?