Info

Ini Perbedaan Laundry dan Dry Cleaning Yang Anda Harus Pahami

Perbedaan laundry dan dry cleaning

Laundry Indonesia – Bagi Anda saat ini tidak asing lagi menggunakan jasa laundry untuk membersihkan pakaian. Apalagi penduduk urban yang memang tidak ada waktu untuk mencuci, jasa inilah sebagai dewa penolong di sela kesibukannya pada pekerjaan. Atau Anda mungkin belum mencoba jasa laundry setidaknya pernah melihat bisnis yang ditawarkan di sepanjang jalan maupun gang. Di sana menawarkan layanan laundry dan dry cleaning. Nah, apakah Anda tahu kedua istilah itu? Walau keduanya sama-sama merupakan proses membersihkan pakaian, ternyata memiliki fungsi yang berbeda. Yuk kita cari tahu!

Pengertian Laundry dan Dry Clean

Apa sebenarnya pengertian laundry dan dry cleaning itu? Sebelum lebih jauh pembahasannya, mari kita cari tahu pengertian istilah tersebut. Istilah tersebut kerap dipakai di laundry atau diucapkan oleh pelanggan tapi tidak mengerti fungsinya. Sebenarnya aktivitas mencuci di rumah bisa dikatakan laundry juga, tapi di Indonesia pengertiannya menyempit menjadi hanya sebuah usaha jasa di mana ada layanan dan tempat untuk membersihkan pakaian.

Umumnya proses laundry memerlukan air dan deterjen dan dilakukan oleh profesional dalam hal ini pihak laundry melalui mesin cuci. Lalu bagaimana dengan dry cleaning? Sebenarnya agak rancu juga bilamana istilah dry clean diterjemahkan dengan “cuci kering”. Prosesnya memang tanpa menggunakan media air tapi mengunakan bahan kimia khusus, teknik tertentu dan alat khusus yang harganya selangit.

Perbedaan Laundry dan Dry Clean

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada banyak perbedaan mulai dari proses, bahan pembersih dan harga dan alat dari mesin laundry maupun dry clean. Mungkin Anda bisa simak satu per satu untuk menelaahnya.

Keterlibatan air dalam laundry dan dry clean

Disebut dry clean memang prosesnya demikian tidak memakai air sewaktu dalam pencucian. Hal ini jauh bebeda dengan laundry di mana pakaian bercampur dengan air dan juga deterjen. Pakaian perlu dikeringkan dengan mesin pengering (dryer machine) terlebih dahulu untuk proses berikutnya yakni setrika dan packing.

Bahan pembersih laundry dan dry clean

Kalau di laundry, bahan pembersihnya adalah deterjen baik itu bubuk maupun cair dan sering pada pembilasan terakhir ditambah pelembut pakaian (softener). Berbeda dengan teknik dry clean perlu menggunakan bahan kimia perchloroethylene atau kerap disingkat perc untuk mengangkat kotoran pada pakaian. Tapi orang yang sensistif kulitnya gampang terkena iritasi lagi pula bahan kimia perc ini sudah lama dilarang penggunaannya.

Proses laundry dan dry clean

Pada proses pencucian kering atau kerap disebut dry clean, pakaian dimasukkan ke dalam mesin khusus dengan bahan pembersih tadi. Bahan pembersih tersebut dipisahkan dari pakaian untuk digunakan kembali. Hal ini berbeda, bila Anda mempunyai mesin cuci di rumah pasti paham juga cara kerja laundry yakni bahan pembersih yakni deterjen setelah dilarutkan untuk mencuci akan dibuang.

Konsumsi listrik untuk laundry dan dry clean

Kenyataannya konsumsi energi listrik pada proses laundry lebih hemat apalagi pada mesin cuci tipe tertentu yakni front loading. Sekitar 50 persen lebih hemat dibandingkan mesin dry clean.

Jenis cucian laundry dan dry clean

Semua jenis pakaian sehari-hari dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Kecuali Anda tidak sempat boleh membawa cucian Anda ke jasa laundry terdekat untuk dicucikannya. Hal ini berbeda dengan pakaian yang agak mahal dengan bahan struktur bebeda seperti wol, gaun pengantin, kostum tradisional atau jas boleh Anda gunakan jasa dry cleaning..

Harga laundry dan dry cleaning

Berapa biaya untuk jasa dry clean? Biasanya dihitung satuan/bijian berdasarkan jumlah pakaian. Berbeda dengan jasa laundry bisa menggunakan berat pakaian yakni ditimbang keseluruhan pakaian per pelanggan. Umumnya berat timbangan dibatasi dengan minimal tertentu per transaksi dan pastikan layanan laundry mempertimbangkan pencucian per pelanggan yakni tidak dicampur dengan pelanggan lain.

Nah, Anda sudah mengerti apa perbedaan dari laundry dan dry cleaning. Pastikan periksa label perawatan pakaian sebelum memutuskan mencucikan di-laundry atau di-dryclean agar pakaian tetap terawat dan awet

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 60 = 62

Paling Populer

To Top
error: Konten Dilindungi !!