Marketing

Cara Tingkatkan Omzet Laundry Dengan Gabung Go-Laundry

Cara bergabung Go-Laundry tingkatkan omzet laundry

Jakarta – Layanan aplikasi dari Go-Jek ini pertama kali diperkenalkan di Jakarta Selatan dan sekarang merambah ke sejumlah wilayah. Go-Laundry sendiri merupakan produk luncuran terbaru inisiasi dari Go-Life yang juga menelurkan layanan jasa lain sepert servis AC dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu cara meningkatkan omzet laundry Anda dengan bergabung dengannya.

Apa itu aplikasi Go-Laundry?

Go-Laundry sendiri adalah salah satu produk dari PT Go-Jek Indonesia yang menghubungkan usaha laundry dengan konsumen dengan memberikan fasilitas antar jemput gratis. Sedangkan posisi Go-Life dalam hal ini adalah menjembatani outlet laundry dengan pelanggan melalui aplikasi Go-Laundryu dan kurir (dalam istilah Gojek adalah runner) Go-Life sehingga memdudahkan pelanggan untuk mencuci pakaian di outlet laundry Anda.

Cara daftar laundry di Gojek

Sesuai dengan penyebutannya, Go-Laundry itu layanan antar jemput laundry (cucian pakaian) dan sejenisnya yang dapat digunakan melalui aplikasi Go-Life. Bagaimana cara memesan Go-Laundry dari Gojek ini? Untuk pelanggan, cara pesannya sangat mudah.

Coba buka aplikasi Go-Life, lalu pilih Go-Laundry, lalu pilih cucian, jumlah, atau estimasi berat cucian, kemudian klik “Lanjut”. Jangan lupa tentukan waktu dan tanggal pengambilan cucian, serta masukkan alamat Anda dan klik “Pesan”.

Tunggu saja sambil membaca majalah dan santai sejenak minum kopi atau apa saja, runner (kurir) akan datang dan siap mengambil cucian Anda. Layanan ini jam pesan masih terbatas, tetapi sudah dapat menjangkau seluruh Jakarta dan Bandar Laundry untuk laundry kiloan di Sunter, Kelapa Gading, Kemayoran dan Ancol yang termasuk wilayah utara turut meramaikannya.

Bagaimana cara kerja Go-Laundry

Bagi Anda pelaku usaha laundry yang ingin meningkatkan usaha laundry boleh bergabung sebagai mitra, Tapi sebelumnya Anda harus tahu alur kerjanya dulu.Setelah pelanggan memesan Go-Laundry melalui aplikasinya apakah tugas kita selanjutnya?

Laundry Anda setelah gabung dengan mitra Gojek tak perlu memikirkan armada dan kurir yang akan menjemputnya ke pelanggan tersebut. Enak kan! Hanya dibutuhkan bagian penerimaan untuk menerima dan menghitung pakaian saja.

Secara sederhana kurir dari Gojek akan mengambil pakaian kotor dari pelanggan ke laundry Anda, pakaian lalu dicuci. Setelah 72 jam (tiga hari) si pelanggan tadi akan menekan tombol “antarkan sekarang”. Anda tak usah panik karena semua urusan pengantaran diselesaikan oleh Go-Laundry. Nah, saat pengambilan kurir kedua akan mengambil pakaian yang sudah bersih, rapih dan wangi tadi lalu mengantarkannya ke pelanggan.

Bagaimana cara kerja outlet laundry

Tugas Anda sebagai pemilik usaha laundry adalah menempatkan orang untuk bagian penerimaan seperti yang dijelaskan di atas. Menerima pakaian kotor dari runner 1 (kurir kesatu untuk bagian pengantaran) sebenarnya sama seperti menerima pakain kotor dari pelanggan lain seperti menghitung dan menyeleksi pakaian kotor bersama runner 1. Diperiksa apakah ada noda berat yang tidak bisa dihilangkan, pakaian yang tidak bisa masuk mesin cuci maupun pakaian yang mempunyai indikasi luntur serta memisahkan agar tidak merusak pakaian lain.

Dalam hal ini, outlet laundry bisa menolak jikalau ada pakaian yang tidak bisa masuk mesin cuci atau mesin pengering (dryer). Pakaian yang ditolak tak usah dicuci dan cukup dikembalikan pada saat pakaian bersih diambil oleh runner 2 (dalam hal ini kurir berbeda). Selain dihitung mana saja pakaian yang diterima maupun tidak, langkah selanjutnya adalah menimbang pakaian tersebut di hadapan runner 1. Catat pesanan berdasarkan tanggal, order ID dan nama pelanggan Go-Laundry.

Setelah beres itu semua, pakaian dicuci dan dikeringkan dan harus selesai paling lama 3 hari dengan hasil akhir pakaian yang bersih, harum dan tentu rapi dan jangan lupa packing yang rapi pula. Cocokan order ID sewaktu runner 2 mendatangi outlet Anda untuk mengambil pakaian bersih yang akan diserahkan ke pelanggan.

Ketentuan bergabung Go-Laundry

Nah, setelah membaca sedikit ulasan di atas tentunya Anda tertarik untuk bergabung menjadi mitra Go-Laundry. Bagaimana ketentuan dan persyaratannya silahkan disimak baik-baik. Syaratnya laundry Anda minimal berusia 1 tahun ya, selain itu laundry Anda menyediakan layanan laundry kiloan dan satuan terutama bed cover dan memiliki kapasitas laundry minimal 50 kilogram per hari. Hanya itu?

Tentu Anda harus punya alat tempur mesin cuci dan mesin pengering (dryer) dalam kondisi prima dan menerapkan satu mesin untuk satu pelanggan.Punya pegawai laundry minimal 2 yang disesuaikan dengan kapasitas produksi dan tak lupa sanggup menepati layanan tepat waktu yakni 3 hari dan tentu hasil yang sempurna dengan hasil akhir pakaian bersih, rapi dan harum wangi.

Anda atau pegawai laundry juga sanggup mengenali jenis-jenis noda yang terdapat pada pakaian kotor dan lalu mengklasifikasikan pakaian mana yang dapat dibersihkan maupun dimasukkan ke dalam mesin cuci dan mesin pengering.

Jenis-jenis pelanggaran outlet laundry

Sepertinya mudah ya membaca ulasan tentang Go-Laundry ini dan pastinya Anda ingin bergabung segera. Sebelum memutuskan pastikan bahwa Anda melakukan cara penerimaan cucian, pencucian, pengeringan dan packing pakaian dengan benar sesuai prosedur laundry agar terhindar dari sanksi yang mengakibatkan dinonaktifkan keanggotaan mita Go-Laundry.

Jenis pelanggaran bisa berupa ringan seperti pakaian tidak harum/bersih, tidak disetrika dengan rapi atau tidak dikemas dengan baik. Anda akan diberikan peringatan melalui SMS oleh pihak Go-Laundry. Pelanggaran sedang mengakibatkan laundry Anda ditelepon dan dilakukan konseling. Jenis pelanggarannya adalah pakaian tidak selesai tepat waktu, berbau tidak sedap karena tidak kering secara sempurna, pakaian mengalami degradasi warna yang signifikan sampai pakaian masih ada nodanya tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jenis pelanggran terakhir adalah termasuk kategori berat yang mengakibatkan keanggotaan Anda bermasalah yang bisa dinonaktifkan secara sementara atau permanen seperti pakaian mengalami kerusakan (berlubang, robek, terdapat bekas setrika), pakaian hilang/tertukar atau pakaian kena luntur tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Sekarang tinggal Anda yang memutuskan bagaimana meningkatkan omzet laundry dengan bergabung bersama mitra Go-Laundry atau dengan cara lain yang akan penulis jabarkan pada artikel selanjutnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 1 =

Paling Populer

To Top
error: Konten Dilindungi !!