Info

Mengenal Bahan Kimia (Chemical) Laundry, Takaran Dan Kegunaannya.

Mengenal bahan kimia laundry

Laundry Indonesia – Bagi pengusaha laundry sepertinya wajib mengetahui dan mengenal bahan kimia (chemical) laundry atau setidaknya pegawai yang menangani bagian produksi terutama pencucian agar proses laundry berjalan dengan benar.

Dengan mengetahui fungsi, kegunaan dan bagaimana takaran yang pas tentunya bisa menekan ongkos produksi dan membuat pakaian pelanggan tertangani dengan benar. Tidak merusak bahan kain. Aman dalam pengerjaan.

Pastikan pekerja Anda menggunakan alat pengaman dengan seperti sarung tangan, masker, kacamata sewaktu proses yang membutuhkan penanganan khusus. Beberapa chemical membutuhkan penanganan serius karena kontak pada mata dan kulit bisa menimbulkan reaksi kimia seperti gatal dan perih.

Yuk cari tahu bahan kimia apa saja yang perlu kita ketahui dan dipakai setiap usaha laundry.

Alkalite pengangkat daya bersih

Terkadang penulis menyebutnya alkalid. Bahan kimia ini berbentuk cairan yang berfungsi untuk menghilangkan noda berat seperti noda darah, minyak dan lainnya. Takarannya sedikit saja sekitar 5 sampai dengan 10 mililiter. Penambahan alkalite pada cucian yang sudah ada deterjen cair akan menambah daya bersih yang lebih cepat.

Oxyboost penghilang noda darah

Cairan kimia ini terutama untuk noda darah dan noda lainnya dan juga bisa mencemerlangkan hasil cucian. Takaran sedikit saja sesuai keperluan. Dalam penggunaanya harap hati-hati karena membuat kulit tangan gatal. Awas pula jangan dihirup atau kena mata.

Emulsifier anti noda minyak.

Takaran sekitar 5 sampai dengan 10 mililiter. Fungsi dari chemical laundry ini biasanya untuk prewashing yakni pencucian awal sebelum benar-benar dicuci yang fungsinya menghilangkan noda protein, minyak atau lemak yang menempel pada pakaian.

Sour sebagai penghilang noda karat

Sebelum pencucian biasanya pakaian dipilah-pilih bila ada noda yang memerlukan penanganan khusus. Proses ini dinamakan spotting dan biasanya membutuhkan peralatan spotting. Noda karat bisa dihilangkan dengan bahan kimia ini. Takaran 7 sampai 15 ml atau secukupnya.

Softener si pelembut pakaian

Fungsinya mungkin sebagaian besar sudah mengetahuinya yakni melembutkan serat kain dan melapisinya dan mencegah kotoran menempel kembali. Biasanya digunakan pada saat akhir proses pencucian. Pada mesin cuci otomatis tersedia wadah dan pada saat terakhir pembilasan maka pakaian terasa lembut di tangan serta wangi semerbak. Takaran secukupnya saja.

Pelicin setrika wangi dan harum

Bagi yang masih menggunakan setrika listrik pastinya membutuhkan pelican yang membantu proses penyetrikaan. Semprotkan pada pakaian saat menyetrika dengan menggunakan penyemprot yang lembut. Selaian membantu melicinkan pakaian ternyata baju akan harum dan wangi semerbak.

Deterjen cair untuk laundry kiloan

Deterjen ini bersifat cair dan lebih cepat menyatu dengan air karena sifatnya. Berapa takaran saat mencuci? Sekitar 7 sampai dengan 15 ml atau sesuaikan dengan kebutuhan laundry Anda. Pada laundry modern yang menggunakan alat pengukur penyuplai deterjen secara otomatis tentu membatu control dari penggunaan deterjen.

Deterjen bubuk untuk mesin otomatis

Deterjen matic powder ini diformulasikan khusus untuk mesin cuci memberikan hasil cucian yang bersih. Pastikan deterjen yang digunakan adalah seperti yang disarankan di atas karena bila tidak bisa merusak pakaian dan perangkat mesin cuci. Takarannya 7 sampai dengan 15 gram atau sesuaikan dengan kebutuhanan.

Alkalite bubuk sebagai pemutih pakaian

Deterjen bubuk multi fungsi sebagai pemutih pakaian, menyamarkan noda darah dan membuat pakaian tetap cemerlang. Bisa juga disebut pemutih saja. Takaran secukupnya.
Itulah sekelumit tentang pengenalan kimia atau chemical laundry yang perlu diketahui. Baca petunjuk pakaian pada kemasan agar aman dalam pengerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 1

Paling Populer

To Top
error: Konten Dilindungi !!