Info

Mengenal MES (Methyl Ester Sulfonate) Dan Bagaimana Cara Membuat Sabun Deterjen Laundry

MES Methyl Ester Sulfonate

Laundry Indonesia – Deterjen laundry berbasis MES (Metil Ester Sulfonat/Methyl Ester Sulfonate) menjadi fenomenal akhir-akhir ini dan banyak diperbincangkan warganet pemerhati usaha laundry. Silang pendapat tentang kelebihan surfaktan yang diklaim ramah lingkungan dan harga paling murah menjadi perdebatan yang berkepanjangan. Apa saja sih kelebihan sabun deterjen laundry berbasis MES ini dan bagaimana cara membuatnya?

Apa Itu MES (Methyl Ester Sulfonate)

Dalam literasi yang saya peroleh dari berbagai sumber, MES (Methyl Ester Sulfonate) adalah surfaktan anionik yang dapat dibuat dengan sulfonasi metil ester asam lemak jenuh, yang berasal dari lemak dan minyak alami. Digunakan pada pembuatan sabun laundry dan bekerja sebagai surfaktan untuk daya bersih. Surfaktan berasal dari kata surface active agent yakni senyawa kimia yang bisa mengaktifkan permukaan suatu zat lain yang awalnya tidak dapat berinteraksi.

MES berasal dari minyak sawit

MES sendiri pembuatannya berasal dari metil ester minyak sawit (Elaeis Guineensis) di mana Indonesia merupakan produsen kedua terbesar kedua di dunia maka memungkinkan Indonesia sebagai pelopor produsen surfaktan MES ini.

Rupa dan bentuk MES

Di Negara maju, penggunaan MES sudah lama digunakan bahkan dari nara sumber yang dipercaya sudah 10 tahun yang lalu. Bentuk MES sendiri ternyata ada berbagai macam. MES yang asli adalah berbentuk serpihan atau bubuk berwarna putih bersih. Penulis pernah mendapatkan kualitas MES yang buruk yakni dalam bentuk gamping dan hasil akhir yang tidak menggembirakan karena adanya endapan.

MES ada di toko kimia?

MES sendiri produknya agak sulit ditemukan terutama di toko-toko kimia belum banyak yang menjual saat ini. Penulis mencoba menelusuri di area Jakarta dan sekitarnya hasilnya nihil. Produk asli dikeluarkan oleh Wilmar dengan merk Wilfames.

Kelebihan MES (Methyl Ester Sulfonate)

Setelah mengenal apa itu MES (Methyl Ester Sulfonate), tentunya akan bertanya apa saja sih kelebihan dari surfaktan ini? Yuk kita simak:

Deterjensi yang prima pada konsentrasi rendah

MES C-16 mempunyai tingkat deterjensi yang lebih baik dibandingkan dengan LABS atau LAS dalam pengujian pencucian dalam temperature sedang.

Deterjensi yang lebih baik pada air sadah

Pun pada tingkat kesadahan air, MES lebih unggul dinandingkan surfaktan lain

Bersinergi dengan baik bila dikombinasikan dengan surfaktan lain

Jikalau surfaktan lain tidak tahan pada konsentrasi tertentu maka MES bisa diajak jadi teman untuk bersinergi misalnya penulis menambahkan surfaktan lain untuk meningkatkan busa.

Mudah terurai

MES terdegradasi secara signifikan lebih cepat daripada LAS dan secara substansial terdegradasi di sekitar satu hari.

Selaras dengan aplikator builder dan enzim

MES mempertahankan aktivitas enzim yang lebih baik dibandingkan dengan surfaktan lainnya. Efek dari builder juga tidak memberi efek yang signifikan

Menghemat biaya dan peningkatan produktivitas

Pihak Wilfames sendiri telah membuat sedemikian rupa MES dalam bentuk bubuk dan serpihan jadi menghemat biaya. Anda tinggal memprosesnya menjadi bahan yang kita inginkan.

Cara Membuat Sabun Deterjen MES (Methyl Ester Sulfonate)

Setelah mendapatkan MES, tentunya Anda ingin mencoba meramunya menjadi sabun deterjen laundry atau mungkin berkreasi menjadi sebuah produk baru. Langsung saja kita siapkan peralatan dan apa saja yang musti kita lakukan.

Peralatan membuat sabun laundry

Kita sediakan bak berukuran besar yang mempunyai kapasitas kurang lebih 35 liter. Alat ukur bentuk teko kapasitas 2000 ml, alat ukur kapasitas 100 ml, gayung, ember, alat pengaduk, kompor, panci dan sebagainya.

Bahan untuk membuat sabun laundry

Selain peralatan yang sudah disebutkan di atas, kita siapkan bahan-bahannya beserta ukurannya. Langsung saja kita sebutkan:
1. MES sebanyak 0,5 KG
2. Emal (merk dagang Texaphone) sebanyak 0,5 KG
3. Garam sebanyak 1 KG
4. Air sebanyak 25 liter
5. Sitrun sebanyak 25 Gram
6. Sodium benzoate sebanyak 25 Gram
7. Alkalid sebanyak 250 ml
8. Bibit parfum sebanyak 50 ml
9. Pewarna secukupnya
10. Foam booster (opsional)

Cara membuat sabun laundry

Siapkan peralatan dan bahan-bahannya. Semua bahan tadi bisa diperoleh di toko kimia terdekat di kota Anda. Sekarang tinggal melanjutkan langkah membuatnya.
1. Siapkan kompor dan isi panci sebanyak 2 liter dan masak TIDAK sampai mendidih, jadi hangat-hangat kuku saja ya.
2. Siapkan bak besar dan taruh MES dan texaphone. Bila tidak ingin menambahkan texaphone ya tidak masalah.
3. Tuangkan air yang hangat dan sudah dimasak tadi ke dalam adonan tadi. Aduk dan tambahkan air bila perlu, tapi musti dihitung berapa liter yang Anda tuangkan. Baiklah, isi saja 8 liter air biasa dan bagus.
4. Siapkan ember atau bak kecil dan taruh garam lalu diberi air sebanyak 4 liter lalu aduk hingga larut.
5. Adonan air garam dituangkan ke bak besar yang berisi adonan MES tadi. Jangan lupa adonan MES sudah larut benar.
6. Beri sitrun, sodium benzoate dan alkalid, aduk kembali sampai rata.
7. Beri parfum dan pewarna secukupnya, aduk hingga rata. Tambahkan air sisanya dan aduk hingga larut.
Begitulah cara membuat sabun deterjen laundry berbasis MES. Penambahan surfaktan lain seperti Texaphone adalah untuk menambah daya bersih. Kalau dihilangkan maka Anda harus menambahkan foam booster sebagai penambah busa. Tapi untu kalangan sendiri, penambahan busa, parfum dan pewarna tidak perlu ditambahkan.

Sebetulnya untuk bahan lain bisa ditambahkan agar hasilnya unggul dan berkualitas. Selain MES itu sendiri, bahan-bahan lain bisa ditambahkan seperti natrium karbonat, natrium silikat, natrium sulfat, carbolmetyl cellulose, asam oxalate, lypozime atau mungkin EDTA biar awet.

Kalau begitu bagaimana dikatakan bahwa sabun deterjen laundry berbasis MES dikatakan murah bahkan ada yang menyebutkan angka seraya mengacungkan dua jari. Mungkin jikalau untuk keperluan internal dan dipakai sendiri bisa masuk akal, bukan untuk komersial.

MES (Methyl Ester Sulfonate) untuk pencuci piring

Seperti yang disebutkan di atas bahwa MES bisa bersinergi dengan surfaktan lain maka sah-sah saja para produsen bereksperimen menciptakan produk sejenis dengan bahan dasar MES. Sekarang sudah ada produk pencuci piring berbasis MES, Diklaim tidak membuat iritasi di tangan,

Tanggapan pelanggan tentang MES (Methyl Ester Sulfonate)

Alhamdulillah bisa berpartipasi menyajikanproduk sabun deterjen laundry berbasis MES. Dari hasil wawancara kecil mengatakan bahwa mereka tidak mau tahu produknya terbuat dari apa. “Yang penting pakaian pelanggan bersih!” begitulah kira-kira ketika diminta tanggapannya. Dan tentu saja saya tak perlu menulis dan mencantumkan pada kemasan dengan kata-kata “Mengandung MES”.

Mungkin saat ini yang sedang viral adalah sabun yang dikatakan murah ini dan orang berlomba berbondong-bondong mencari tahu informasi ini. MES (Methyl Ester Sulfonate) sebagai bahan dasar sabun yang fenomenal pada saat ini dan semua kembali ke pelanggan sebagai raja dalam pelayanan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

38 + = 42

Paling Populer

To Top
error: Konten Dilindungi !!