Tips Dan Trik

Ini Tipsnya Bagi Laundry Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Tips laundry lebaran tetap buka

Lebaran Idul Fitri 1439 H atau 2018 M telah berlalu. Ada sebagian laundry yang memutuskan tetap buka menjelang dan saat lebaran dan melayani dengan sepenuh hati. Di situs pencarian Google banyak yang menawarkan “laundry lebaran tetap buka” dan bersedia antar jemput.
Tentu dengan keberadaan usaha laundry ini membantu mereka yang kesulitan untuk mencucikan pakaiannya dikarenakan sebagian asisten rumah tangga pun ikut mudik pulang kampung. Tahuklah Anda dengan tetap melayani pelanggan saat lebaran mempunyai potensi menarik. Selain omset yang bertumbuh, juga mendapat potensi pelanggan baru.

Alasan laundry lebaran tetap buka

Apa saja yang membuat laundrypreneur “nekad” tetap buka saat lebaran? Berikut berbagai alasan yang masuk akal dan Anda boleh coba tahun depan bila panjang umur.

Karyawan ada yang tidak mudik

Ternyata tidak semua karyawan memiliki kampung halaman, Mungkin dia asli sini dan tentu saja mereka memilih untuk lebih baik bekerja karena ada suatu target yang ingin dicapai. Setelah lebaran dan bersilaturahmi ke semua saudara dan handai taulan tentu akan bete “tidak nyaman” dan memilih bekerja untuk menambah pemasukan. Dengan adanya laundry buka mereka tetap mendapat uang lebih karena tentu dihitung lembur dan bisa jadi mendapat uang tips dari pelanggan yang baik hati.

Masyarakat membutuhkan laundry

Kehadiran laundry yang masih melayani pelanggan saat lebaran tentu menjadi penolong bagi masyarakat yang membutuhkan. Melihat tumpukan cucian atau gosokan yang menggunung di rumah menjadi pekerjaan yang sangat melelahkan apalagi menjelang dan saat lebaran disibukkan menerima tamu yang datang.
Berkah dari adanya momen Idulfitri (ini penulisan digabung seperti disarankan oleh Dinas Bahasa) juga dirasakan oleh laundry yang lebaran tetap buka. Tumpukan baju sudah ada yang menangani dan pelanggan tinggal duduk manis di rumah, setelah beres diantar lagi oleh kurir laundry.

Apa yang harus dilakukan agar laundry lebaran tetap buka?

Perlu persiapan untuk menyambut kedatangan pelanggan dan calon pelanggan baru pada saat lebaran nanti. Apa saja sih persiapan untuk menyambut momen sehinga terkesan spesial bagi usaha laundry?

Pengumuman laundry libur

Umumkan kepada tim dan khalayak atau mitra bisnis tentang libur atau cuti bersama saat lebaran. Bagi yang mau pulang kampung dipersilahkan karena itu hak karyawan, jangan dihalang-halangi.

Tentukan harga khusus lebaran

Laundry saat lebaran umumnya harga berbeda dengan laundry seperti hari biasa. Umumnya naik berlipat selama masa lebaran H-7 yakni seminggu sebelum lebaran dan H+10 yakni sepuluh hari setelah lebaran. Berapa harga yang pantas untuk pelanggan pada saat lebaran? Silahkan dirumuskan. Pengumuman disebarkan ke seluruh mitra dan outle laundry agar seragam mengenai harga laundry.

Pendataan karyawan

Pendataan karyawan baik yang libur dan mudik dan karyawan yang siap masuk kerja dan siap membantu usaha laundry pada saat lebran tiba harus didata dan mereka yang setuju harus berkomitmen memberikan layanan yang baik dan optimal dan tentu profesional. Tapi penunjukkan bukan paksaan, jadi hanya yang bersedia dan sukarela untuk masuk kerja pada saat laundry libur atau cuti bersama. Buatlah aturan tertulis dengan jelas mengenai ini agar mereka paham dan disepakati bersama.

Tips laundry lebaran tetap buka

Setelah mendapat tim yang berkomitmen untuk melayani dan bersedia dengan sukarela melayani, langkah apa yang harus kita lakukan?

Sebarkan info laundry lebaran tetap buka

Melalui kanal bisnis yang kita miliki seperti media sosial semacam facebook, instagram, twitter maupun lainnya, kita beritahu bahwa laundry kita masih melayani pada saat lebaran, Jangan lupa buat post pada website yang kita miliki dengan memberi judul yang agak mencolok “laundry lebaran tetap buka” disertai cakupan layanan area yang Anda sasar. Masih belum memiliki kanal bisnis? Nanti boleh mengikuti pelatihan bagaimana cara membuat kanal bisnis agar diketahui khalayak ramai dan usaha semakin laris.

Buat banner laundry lebaran tetap buka

Pemasangan banner yang mencolok yang memberitahu masayarakat bahwa outlet laundry tetap buka pada saat lebaran, soo jangan khawatir akan ketiadaan asisten rumah tangga. Ditulis besar-besar ya “LAUNDRY DI SINI LEBARAN TETAP BUKA” dan kalau perlu sebar brosur agar jos.

Siapkan kurir laundry antar jemput

Keberadaan kurir laundry menjadi permasalah sendiri bila usaha kita kekurangan orang untuk menjemput pakaian kotor dan mengantarkan kembali dalam keadaan bersih ke rumah pelanggan. Selain armada kendaraan juga harus siap dalam suasana lebaran ini. Bagaimana kalau kurir tidak ada atau terjadi kelangkaan?
Anda bisa kerjasama denga pesan antar berbasis aplikasi seperti Gojek dan Grab yang diberi label ojek online ini. Tentu saja hal ini membantu bagi usaha kita. Pastikan pelanggan mendapat konfirmasi terkait biaya yang dibebankan laundry antar jemputnya.

Mengecek perlengkapan laundry

Jangan kaget kalau cucian masuk akan berlipat walau harga dinaikkan secara frontal. Oleh karena itu selalu mengecek kondisi mesin dan ketersediaan bahan laundry seperti parfum, deterjen, hanger, plastik dan juga teknisi mesin laundry. Anda harus menyetok terlebih dahulu untuk keperluan ini.

Pembatasan cucian laundry saat lebaran

Anda harus memberitahu pihak front liner atau kasir untuk membatasi cucian yang masuk agar terukur. Ketidakpedulian tentang hal ini karena ingin untung besar dapat berdampak buruk seperti overload sehingga bisa tidak tepat waktu saat pengerjaan yang mengakibatkan pelanggan kecewa dan mengajukan komplain. Coba tawarkan sistem cuci lipat seperti halnya konsep laundry koin karena menyetrika adalah pekerjaan yang menyita waktu dan membutuhkan tenaga ekstra.

Memberikan voucher laundry

Biasanya tipe pelanggan pada momen lebaran ini adalah orang baru dikarenakan ditinggal mudik asisten rumah tangga atau mungkin laundry langganan ikut tutup. Dan mereka mencari-cari info di internet di mana laundry lebaran tetap buka. Berikanlah entah cinderamata atau diskon agar mereka mengingat brand usaha laundry kita dan tentu akan melakukan repeat order.

Karyawan laundry harus ada

Beri alasan kuat mengapa karyawan laundry Anda harus terlibat dalam pekerjaan ini dan terlibat dalam tim khusus. Ungkapkan keuntungan yang diperoleh bila mereka bergabung. Bila ingin dikerjakan oleh pemilik sendiri sah-sah saja tapi juga mengukur kemampuan diri dan tetap menjaga kesehatan.

Sistem bagi hasil laundry

Mungkin dengan konsep bagi hasil, karyawan laundry akan bersemngat untuk mengerjakan walau menunda pulang mudik. Mereka seakan dihargai karena hasil jerih payahnya. Jadi bukan gaji atau lembur ya! Semua diuntungkan tapi hasil cucian juga harus berkualitas karena menyangkut nama brand laundry. Jadi bagaimana apakah Anda akan menuai panen tahun depan dari laundry lebaran ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

80 + = 82

Paling Populer

To Top
error: Konten Dilindungi !!