Manajemen

Standar Pelayanan Rambut Dan Wajah Dalam Bisnis Pelayanan Jasa Laundry

Standar pelayanan rambut dan wajah

Banyak sekali kita temukan di kalangan pekerja jasa yang setiap hari bergumul dengan kotoran dan debu bahwa penampilan diri mereka bukanlah hal yang wajib untuk diperhatikan. Padahal pekerjaan jasa  merupakan bagian dari pekerjaan public service (pelayanan umum)yang menuntut kita, mau tidak mau, senang atau tidak senang yang sering bertemu dengan orang lain yang dinilai itu pertama kali dari diri kita dan perusahaan tempat kita bernaung adalah penampllan.

Karena hal itu menggambarkan citra perusahaan. Artinya, kemampuan Anda dalam melayani dengan sempurna lewat penampilan yang prima dan kerja yang profesional merupakan hal yang penting dan menjadi tuntutan pekerjaan Anda.

Jasa laundry adalah pelayan kebersihan, oleh karena itu bila ditemukan pekerja kita yang mampu membersihkan tapi tidak melayani dengan baik berarti pekerja tersebut tidak sempurna dalam melakukan pelayanan pekerjaannya. Bagaimana bisa dikatakan demikian bisa Anda teruskan paparan di bawah ini.

Yang dibahas kali ini adalah standar penampilan rambut dan wajah dalam bisnis pelayanan jasa atau dikenal dengan nama teknik grooming.

Setiap orang yang Anda temui pada awal pertemuan selalu melihat dan menilai diri Anda lewat penampilan Anda untuk memastikan apakah orang tersebut dapat merasa nyaman bersama Anda atau tidak. Mengapa demikian? Penampllan Anda mencerminkan kepribadian Anda.

Umumnya yang Anda temui akan melihat penampilan rambut dan wajah Anda sebelum mereka melihat penampilan diri Anda yang lain untuk kemudian memutuskan berkomunikasi lebih mendalam dengan Anda.

Lebih lanjut. penampilan yang Anda munculkan akan membangun kepercayaan orang lain terhadap Anda. Hal ini dimulai dari penampilan Anda. Khususnya dalam cara Anda menampilkan gaya rambut serta kebersihan wajah. Setelah mereka merasa nyaman dengan Anda selanjutnya adalah tergantung kemampuan Anda dalam membawa diri agar tetap dekat dan dipercaya oleh oleh orang tersebut. Ini sangat penting karena berhubungan erat dengan bisnis masa depan Anda.

Baik, apa saja sih standar grooming? Selain standar baku operasional dalam tata kerja, pengaturan rambut dan wajah perlu diatur sedemikian rupa agar pekerja mengetahui dan mentaati. Ini demi kepentingan jasa laundry yang kita kelola karena menyangkut bonafiditas layanan yang kita coba sodorkan pada pelanggan.

Untuk rambut pria adalah rambut depan tidak menyentuh alis, rambut sisi sebelah kanan dan kiri tidak menyentuh telinga, kalau yang belakang tidak menyentuh krah baju, tidak berambut kribo apalagi botak.

Karena rambut bagi wanita adalah segala-galanya, tentunya berbeda aturan dengan rambut pria yang cenderung lebih cuek. Tapi ada aturannya juga biar terlihat rapi, cantik dan tentunya tidak mengganggu aktivitas pada pekerjaannya. Rambut wanita yang panjang melewati bahu harap menggunakan hairnet (jaring rambut) atau pengikat rambut yang sesuai, agar rambut yang panjang tidak menghalangi aktivitas melakukan pekerjaan.

Namun dalam hal ini bando tidak diperkenankan karena mudah lepas dan akan mengganggu pekerjaan selama berada di area kerja. Bagi Muslimah yang berjilbab, bagian jilbab dari leher kebawah harap dimasukkan kedalam kerah baju agar tidak basah atau kotor ketika melakukan aktivitas. Bagi pria dan wanita bila ingin menyemir rambut harus warna hitam terlepas dari masalah agama.

Seperti yang sudah dijelaskan pada pendahuluan standard rambut dan wajah bagi pekerja pelayanan jasa bahwa penampilan Anda mencerminkan kepribadian Anda dan dapat penampilan yang primaakan membangun kepercayaan serta rasa nyaman saat kali pertama orang dalam bcrtatap muka dengan Anda.

Selain penampilan rambut, standar wajah bagi bisnis jasa laundry maupun kebersihan juga dirasa penting. Tentu saja dari wajah kita dapat mengetahui apa yang sedang dirasakan oleh orang lain. Apakah ia sedang merasa senang, marah, gelisah atau mungkin jatuh cinta. :v

Wajah menjadi perwujudan kepribadian sang pemiliknya, ada wajah yang sangat membuat kita nyaman dan senang ketika berdekatan dengannya karena wajah tersebut selalu berseri-seri. Adapula wajah yang membawa keteduhan hati karena selalu tampak tenang dan penuh kasih sayang.

Tak hanya itu, ada wajah yang membuat kita tidak betah selalu berdekatan dengannya walaupun untuk waktu yang sebentar saja seperti wajah judes, jutek, aroqan, kaku dan dingin.

Di dalam bisnis jasa penampilan dan ekspresi wajah amat sangat penting karena hal ini berhubungan dengan kenyamanan dan penilaian pelanggan terhadap diri dan citra perusahaan Anda. Mengapa berpengaruh terhadap citra perusahaan?

Karena setiap pekerja merupakan wakil dari perusahaan, yang ditempatkan di area kerja tersebut. Jadi penampilan diri kita juga sekaligus melambangkan kesan perusahaan di mana kita bekerja. Apa saja standar dari penampilan wajah itu?

Wajah selalu tampak bersih dan terawat.
Aktivitas merawat wajah harus rutin dilakukan agar wajah selalu terlihat segar dan bersih, dan yang terpenting adalah bebas debu, kotoran dan kerinqat yang menempel pada wajah tidak menimbulkan jamur ataupun penyakit kulit wajah yang lain, dan mengurangi nilai penampilan dan kepercayaan diri Anda ketika bekerja.

Tidak memelihara atau memanjangkan jambang, jenggot atau pun kumis (khusus pria).
Standar ini merupakan standard mutlak yang diterapkan di dunia international, khususnya di bidang pelayanan jasa. Alasan diterapkannya standard wajah yang kedua ini dikarenakan kesan
kotor dan tidak rapl yang ditimbulkan pada wajah pekerja pelayanan jasa. Hal ini pula dianggap bertolak belakang dengan tugas harian mereka dalam menciptakan kebersihan dan kerapihan di area kerja. Standar ini terkadang menimbulkan kontroversi dikalangan sebagian pekerja jasa karena berhubungan dengan alasan pribadi maupun yang sifatnya prinsip.

Mencukur bulu hidung
Bulu hidung yang terlihat keluar akan menimbulkan kesan kotor dan tidak rapi, selalulah rajin mencukur bulu hidung anda apabila sudah melewati batas lubang hidung.

Tidak berdandan yang berleblhan (khusus wanita)
Untuk para wanita kami sarankan untuk cukup memakai bedak tipis saja ketika anda bekerja di area kerja, karena dalam pekerjaan sehari hari, Anda kerap mengeluarkan keringat dan makeup yang dioleskan lama kelamaan akan luntur, akan lebih baik kalau kegiatan anda  bersolek dilakukan ketika pulang kerja agar dapat lebih nyaman dalam bersolek dan solekannya akan bertahan lebih lama .

Telinga tidak diperkenakan untuk memakai anting atau ditindik (khusus pria)
Pria yang memakai anting di sebelah telinganya lebih berkonotasi negatif di mata pengguna jasa dan akan menimbulkan citra negatif bagi pemakai serta perusahaan yang memperkerjakannya.

Tidak diperkenankan memakai kalung
Kalung yang berbahan dasar emas akan mudah rusak apabila terkena keringat, kalung yang akan menimbulkan kesan negatif pagi pengguna jasa. Oleh karena kedua hal tersebut pemakaian kalung tidak diperkenankan di dalam pekerjaan pelayanan jasa karena selalu kembali kepada efek penilaian pengguna jasa terhadap perusahaan itu sendiri.

Selalu menjaga kebersihan dan keharuman gigi
Yang terakhir dari standard penampilan wajah, yaitu gigi yang selalu terawat dan tidak menimbulkan bau tidak sedap. Karena setiap pekerja atau operator pelayanan jasa selalu berhubungan dengan pengguna jasa setiap waktunya gigi yang kotor serta tidak terawat akan menimbulkan kesan tidak nyaman terhadap lawan bicara kita. Selalu membiasakan diri menggosok gigi dengan teratur dan boleh ditambah dengan penggunaan obat kumur antiseptik. Agar Anda selalu tampil segar dan percaya diri dikala berbicara dengan orang lain.

Harus selalu diingat bahwa ekspresi wajah adalah yang utama dalam tugas pelayanan pekerjaan pelayanan jasa. Wajah yang selalu ceria, segar dan bersemangat akan membuat pelayanan semakin lengkap dan akan membuat citra diri Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja. semakin baik. Karena berkenaan dengan pengambilan keputusan kerja sama antar perusahaan atau bahkan promosi kenaikan jabatan Anda. (Sumber: Clean Magazine)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 8 = 2

Paling Populer

To Top
error: Konten Dilindungi !!