Tips Dan Trik

Dengan Alat Ini Setrika Listrik Hemat 50 Persen

Tips menghemat daya watt setrika listrik

Jasa setrika ataupun laundry kiloan yang masih memakai tenaga listrik harus terbebani karena kita tahu tarifnya setiap tahun naik dan mencekik masyarakat ekonomi lemah. Dalam operasional laundry, setrika listriklah yang memakan banyak daya watt tinggi dibandingkan mesin cuci dan mesin pengering ataupun peralatan laundry yang lain semisal kipas angin dan lain sebagainya.

Tentunya pengusaha laundry berharap adanya alat penghemat yang bisa memangkas daya watt setrika listrik ini akan merasa gembira dan bersyukur. Mungkin bisa membeli setrika listrik yang hemat energi atau bisa melakukan tips menghemat daya listrik pada laundry juga bisa dengan menambah satu buah komponen yang dipasang di dalam setrika.

Komponen tersebut adalah dioda 3 ampere atau lebih disesuaikan dengan daya atau lebih baik pakai yang besar 5 ampere agar tidak cepat panas. Perlengkapan yang diperlukan sediakan selotip dan saklar yang bagus. Adapun caranya adalah:

Potong salah satu sisi kabel yang menghubungkan setrika atau rice cooker dangan jack penghubung ke colokan listrik, sebaiknya yang dipotong yang dekat dengan jack biar lebih mudah dan aman.
Diantara potongan kabel itu, pasang dioda, ujung dioda yang satu hubungkan dengan kabel menuju setrika atau rice cooker sedang ujung dioda yang lain hubungkan dengan kabel menuju jack, kebalik tidak masalah.

Di ke dua ujung dioda itu, pasang kabel pendek aja, kemudian hubungkan dengan saklar gantung, jangan lupa selotip yang kuat.
Selesai. Dengan dipasangi dioda, daya listrik yang masuk hanya tinggal separuhnya saja, yang tadinya 300 Watt menjadi 150 Watt sehingga MCB menjadi tidak mudah anjlok, tapi ada konsekuensinya, diperlukan waktu dua kali lebih lama bagi setrika dan rice cooker untuk panas. Karena kelemahan itulah perlu ditambah saklar, fungsinya untuk memfungsikan atau tidak memfungsikan dioda, kalau siang hari atau saat hanya sedikit peralatan listrik yang hidup, matikan saja fungsi diodanya dengan menekan saklar.

Demikian cara membuat alat penghemat setrika listrik sampai dengan 50 persen yang bisa Anda terapkan pada laundry kiloan.

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Cara Membuat Meja Setrika Uap Secara Sederhana Untuk Laundry – Laundry Indonesia

  2. Pingback: Tips Menyetrika Baju Berkerut Bandel Dengan Kanji – Laundry Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + = 24

Paling Populer

To Top
error: Konten Dilindungi !!