Manajemen

Perlengkapan Laundry Yang Harus Disediakan Ketika Buka Usaha Laundry Pertama Kali

Perlengkapan ketika mulai usaha laundry

Anda tak perlu ikut kursus laundry hanya demi mendapatkan cara buka usaha laundry dan pengelolaannya. Pastinya Anda bingung persiapan perlengkapan apa saja sih ketika pertama kali membuka usaha laundry?

Kebutuhan akan pakaian bersih dan nyaman itu seperti kebutuhan pokok apalagi pada era sekarang yang serba cepat dan ingin instan ditambah tubuh sudah letih, ketiadaan waktu memungkinkan ke tempat laundry adalah pilihan yang tepat. Oleh karena itu bisnis laundry mempunyai prospek yang cerah.

Nah ini peluang emas bagi Anda karena nyatanya usaha laundry di berbagai tempat semakin banyak dan berkembang apalagi semakin sibuknya warga urban untuk mengurus cuciannya diperlukan jasa yang dapat membantu pekerjaannya.

Menjadi pengusaha laundry profesional dan siap bersaing dan siap mental yang harus ditanamkan semenjak dini ketika berniat terjun di dunia kucek-kecek ini. Jangan takut akan modal minim dan ragu untuk memulai menekuni jasa ini.

Memang betul di pasaran tersedia penawaran paket laundry yang menarik mulai dari yang murah maupun mahal ada. Ini tergantung kepada selera Anda. Mau pilih paket laundry, pilih franchise (waralaba) atau memulai menyicil dengan membeli terpisah. Memilih paket usaha laundry atau waralaba tentunya mudah karena peralatan sudah disediakan sesuai spesifikasi masing-masing.

Dapatkan paket usaha laundry termurah di kelasnya yang akan mengantar Anda menjadi pengusaha laundry profesional dan siap bersaing. Anda sudah langsung bisa buka usaha laundry dibimbing oleh tenaga ahli di bidang manajemen dan pemasaran laundry dengan mengikuti pelatihan secara full dan konsultasi seumur hidup.

Yang jelas peralatan laundry terdiri dari berbagai item seperti terlampir di bawah ini.

  1. Mesin cuci
  2. Dryer atau mesin pengering
  3. Setrika listrik atau uap
  4. Rak display
  5. Timbangan manual atau digital
  6. Keranjang
  7. Nota 3 rangkap cetak (opsional)
  8. Spanduk
  9. Daftar harga (opsional)
  10. Brosur laundry 1 rim (opsional)
  11. Deterjen laundry
  12. Softener / pelembut (opsional)
  13. Pelicin (opsional) (opsional)
  14. Parfum laundry
  15. Hanger/ gantungan baju
  16. Semprotan parfum
  17. Plastik packing berbagai ukuran
  18. Tag gun, tag pin, roll label (opsional)
  19. Komputer (opsional)

Opsional adalah pilihan yang boleh ditiadakan atau boleh digunakan. Sebuah bisnis laundry tentunya perlu alat tempur yang tangguh seperti mesin cuci, alat pengering dan setrika. Itu adalah komponen utama.

Selain itu peralatan tambahan yang mendukung seperti timbangan untuk menimbang pakaian kotor saat kita baru terima, nota untuk mencatat data pelanggan dan pakaian, ranjang untuk menaruh pakaian, rak untuk hasil pakaian yang sudah di-packing.

Tentunya juga bahan-bahan kimia laundry harus tersedia seperti sabun, parfum, pembersih noda dan lainnya. Baik, penulis akan jabarkan satu per satu.

Mesin cuci

Mesin cuci untuk laundry biasanya yang dipakai adalah yang otomatis dengan bukaan tutup atas (top loading) atau pun bukaan tutup depan (front loading). Banyak merek yang beredar di pasaran yang sebenarnya untuk keperluan home appliance tetapi digunakan untuk bisnis laundry kiloan. Tidak ada salahnya sih karena perangkat ini lebih murah daripada mesin cuci komersial.

Dryer (Mesin Pengering)

Mesin pengering pakaian atau dryer fungsinya untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci tuntas jadi tidak melalui proses penjemuran yang rawan tertukar dengan pelanggan lain. Ada dua jenis yang umum dipakai di laundry kiloan yakni dryer konversi dan dryer pabrikan. Dryer konversi merupakan hasil modifikasi dari yang asalnya pengering listrik diubah menjadi gas dan ini tanpa sepengetahuan dari pabrikan. Sedangkan dryer pabrikan memang dikhususkan untuk pengering pakaian kelas komersial.

Setrika

Ada dua jenis setrika yang kerap digunakan dalam laundry kiloan yakni setrika listrik maupun setrika gas yakni setrika yang mempunyai bahan bakar dari gas LPG dan uap panas untuk menghembuskan pakaian yang akan disetrika. Mana yang lebih unggul? Tentu kalau sudah membuka laundry dan berjalan akan mengetahui perbedaannya.

Plastik Packing

Plastik laundry yang kerap digunakan untuk packing adalah berukuran 30, 35, 40, 45, 50 dan 60. Anda bisa menggunakan plastik jinjing jenis HD yang tak perlu plastik lagi ketika menyerahkan hasil laundry ke pelanggan atau bisa pakai plastik lainnya yang tersedia di toko plastik terdekat di kota Anda.

Timbangan

Timbangan laundry ada dua jenis yakni timbangan jarum atau pun digital. Umumnya timbangan ini disebut timbangan buah dan diletakkan di meja kasir. Ada pula timbangan gantung yang bisa ditenteng yang sangat praktis bisa ditenteng dan ditaruh di saku ketika Anda mengambil barang ke tempat pelanggan.

Ke depan akan kita ulas untuk mengenal apa saja yang perlu diterapkan pada jasa laundry kiloan ini. jangan sungkan melakukan web chat di pojok kanan atas. Kami akan senantiasa membantu Anda. Selamat berjuang!

3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: Cara Mendapatkan Pelanggan Laundry Pertama Dari Internet – Laundry Indonesia

  2. Pingback: Dibalik Kata Hipnotis Laundry Bersih Rapi Dan Wangi – Laundry Indonesia

  3. Pingback: Jalan Pintas Menjadi Laundrypreneur Melalui Laundry And Clean Expo 2018 – Laundry Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 4

Paling Populer

To Top
error: Konten Dilindungi !!