Inspirasi

Laundry Terbesar Di Dunia Ternyata Ada Di Negeri Ini

Laundry terbesar di dunia

Mencuci adalah sebuah kegiatan yang harus dilakukan oleh manusia baik sejak jaman batu maupun modern., yang utama mencuci badan dan pakaian. Tidak bisa dibayangkan bila pakaian yang kita pakai tidak dicuci, kotor dan bau kan?

Tahukah Anda kalau mencuci pakaian milik orang lain telah ada sejak jaman dulu kala? Contohnya sejarah Dhobi Ghat, di Mumbai, India.

Dhobi Ghat hanya panggilan untuk sebuah tempat di India yang menyediakan layanan cuci. Dhobi berarti tukang cuci, ghat artinya tempat cuci terbuka. Dhobi Gat di sekitar sungai Gangga dan cuma kolam-kolam isinya air untuk mencuci. Cara mencucinya disikat dan dibanting. Ada ribuan orang menggantungkan hidupnya sebagai dhobi atau tukang cuci di tempat ini.

Dari puluhan ghat, adat dua ghat yang memiliki sejarah panjang. Dasaswamedh Ghat dan Manikarnika Ghat. Dasaswamedh Ghat ada semenjak tahun 1748. Sebagai ghat terbesar, Dasaswamedh biasa digunakan untuk melakukan upacara puja yang diselenggarakan setiap hari. Manikarnika Ghat beken sebagai tempat kremasi jenazah. Proses kremasi silahkan ditonton oleh siapa saja namun tidak boleh merekam atau ambil gambar

Saking terkenalnya Dhobi Ghat, ada film dibuat pakai judul yang mirip, Dhobi Ghat. Film yang digarap oleh sutradara Kiran Rao ini diputar tahun 2011 di Amerika. Pemeranya Aamir Khan, Monica Dogra, Prateik Babbar, Kriti Malhotra dan bintang film yang lain

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

84 − = 77

Paling Populer

To Top
error: Konten Dilindungi !!