Tips Dan Trik

Cara Mencuci, Harga Laundry Dan Jenis Karpet

Cara mencuci, harga laundry dan jenis karpet

Jakarta,  Laundry kiloan biasanya bisa menerima jasa cuci karpet sebagai layanan tambahan selain pakaian.  Ada juga yang hanya menerima dan selanjutnya orderan tersebut dikerjakan oleh pihak lain. Jugai sekarang banyak dijumpai spesialis jasa cuci karpet. Mereka  mengkhususkan diri terhadap jasa tesebut.

Sebelum memulai usaha laundry karpet atau menerima jasa cuci karpet sebaiknya kenali dulu jenis karpet yang beredar di pasaran agar tidak salah dalam pencucian karena ada beberapa bahan karpet yang mudah rusak bila terkena air. Seperti apa jenis karpet tersebut?

Jenis – Jenis Karpet Lantai

Karpet Polypropylene

Terbuat dari bahan buatan yang mempunyai tekstur halus, mudah dibersihkan dengan air. Karpet ini warnanya cepat pudar dan luntur, benangnya pun mudah lepas. Bahannya lebih tipis dari karpet pada umumnya.

Karpet Nilon

Karpet nilon ini terbuat dari plastik jadinya mudah dibersihkan dengan air dan biasanya berada di kantor-kantor. Mudah diganti pada beberapa bagian biala ada kerusakan, selain itu harga hemat.

Karpet Sisal

Ini yang harus diperhatikan karena karpet ini rentan rusak bila kena air. Karpet jenis ini terbuat dari tumbuhan. Untuk membersihkannya, Anda harus menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner yang beredar di pasaran.

Karpet Viskose

Teksturnya seperti bahan sutra tetapi sebenarnya karpet jenis ini terbuat dari bahan sintesis yang dibuat agak mirip sutra sintesis.

Karpet Sutra

Bagi yang mengidamkan kemewahan interior ruangan, karpet ini biasanya berada di orang yang memiliki selera tinggi karena karpet sutra ini mempunyai warna dan pola yang bagus.

Karpet Wol

Tentunya karpet ini terbuat dari bahan wol yang menjadi impian bagi siapa saja yang memiliki. Terkesan mewah dan elegan bila diletakkan di ruang tamu akan menambah prestise pemiliknya. Untuk perawatan karpet ini cukup dengan alat vacuum cleaner dalam pembersihannya.

Karpet Kulit

Karpet ini biasanya terbuat dari kulit sapi atau domba. Teksturnya lembut menimbulkan kehangatan di sudut ruangan. Sebaiknya jauhkan dari tempat yang mudah terkena kotoran dan mudah menempel di kulit karena karpet jenis ini sangat sulit dibersihkan.

Karpet Katun

Ini karpet tergolong murah makanya banyak dipakai oleh orang. Karpet ini gampang dibersihkan tapi juga gampang rusak dan tidak tahan lama. Kalau memiliki karpet ini, tempatkan pada bidang yang jarang dilalui orang.

Harga Laundry Karpet Lantai

Setelah mengenal jenis-jenis karpet lantai yang berada di pasaran, bagaimana menentukan harga karpet untuk laundry?

Karpet dihitung per kilo atau meter?

Nah ini yang sering menjadi pertanyaan bagi pelaku usaha laundry pemula.  Sebenarnya sih tergantung kepada kebutuhan masing-masing setiap pelaku usaha. Tapi umumnya yang dijumpai adalah dihitung per meter dalam menentukan harga karpet laundry.

Harga per meter laundry karpet berapa?

Harga laundry karpet tergantung pada ketebalan dari karpet itu sendiri, semakin tebal akan semakin mahal. Pun tergantung pada wilayah masing-masing pelanggan. Untuk wilayah Jakarta misalnya berkisar Rp 10.000,- per meter.

Cara hitung laundry karpet bagaimana?

Ukuran karpet ada berbagai macam tergantung kebutuhan pemakai untuk ruangan. Tapi ada ukura standar pabrikan yang baku. Biasanya ukura tersebut tertera pada sisi merk dari karpet itu tersendiri. Cara mengukurnya adalah dengan menggunakan alat meteran dan dihitung pembulatan. Misalnya karpet yang banyak dijumpai di rumah tangga berukuran 210x160cm dan dibulatkan menjadi 2x2m=4m. Jadi karpet tersebut adalah 4 meter dikalikan dengan harga laundry karpet yang berlaku di outlet Anda.

Cara Mencuci Karpet Lantai

Pastikan Anda memahami jenis karpet sebelum melakukan pembersihan secara menyeluruh. Ada karpet yang memerlukan perhatian khusus dan bila terkena air akan mengembang dan malah merusak tekstur karpet tersebut. Bila yakin terkena air tidak masalah bisa melanjutkan untuk mencuci karpet baik secara manual atapun menggunakan alat poles. Alat apa saja yang dibutuhkan untuk mencuci karpet?

Sikat

Berguna untuk menyikat permukaan karpet setelah diguyur dengan air dan shampoo karpet. Ada yang bergagang seperti sapu sehingga memudahkan untuk melakukan pekerjaan ini.

Shampoo karpet

Bisa diganti dengan sabun cair yang beredar di pasaran. Shampoo biasanya mengandung busa berguna untuk mengangkat kotoran dan debu.

Polisher

Pengganti sikat manual, mempunyai daya bersih yang kuat bisa mengangkat debu dan rambut kecil yang menempel di permukaan karpet.

Sprayer

Merupakan alat penyemprot dengan bertekanan tinggi

Alas karpet

Biasanya karpet diletakkan di alas karpet yang terbuat dari karet kuat dengan banyak lubang. Hasil pekerjaan menjadi maksimal.

Spinner

Alat modern untuk memeras karpet. Dengan memiliki alat perangkat ini pekerjaan menjadi mudah karena karpet cepat kering.

Vacuum cleaner

Setelah kering, karpet bisa divakum untuk menyedot debu dan sisa-sisa kotoran yang ada.

Bagaimana cara packing karpet

Setelah dirasa cukup kering, Anda bisa melakukan packing dengan plastik khusus karpet. Plastik ini biasanya sudah menyesuaikan dengan ukuran karpet. Semprotkan parfum secukupnya pada sisi atas dengan parfum laundry kesukaan Anda. Setelah cukup rapi, karpet tersebut bisa Anda kirimkan ke pelanggan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 3

Paling Populer

To Top
error: Konten Dilindungi !!