Tips Dan Trik

Cara Membuat Meja Setrika Uap Secara Sederhana Untuk Laundry

cara membuat meja setrika uap gas

Fungsi papan meja setrika sangatlah vital bagi Anda yang menjalankan bisnis laundry. Saat ini penggunaan setrika listrik mulai ditinggalkan karena selain lebih cepat pengerjaannya juga lebih rapi dan lebih licin pakaian yang telah dihasilkannya.

Dengan teknologi setrika uap gas yakni menggunakan gas sebagai daya untuk memanaskan yang nantinya dihembuskan oleh uap dari boiler tentunya lebih hemat listrik dan tenaga. Seorang pekerja bisa mengerjakan dengan cepat karena menggunakan setrika uap!

Lalu bagaimana cara membuat meja setrika uap?

Anda bisa membuat meja setrika dari kayu dan papan tripleks yang sudah dibolong-bolongi. Untuk hasil terbaik, sebaiknya gunakan plat besi siku dengan ukuran 60×120 cm atau menyesuaikan dengan kebutuhan laundry Anda. Untuk panjangnya dari lantai adalah sekitar 85 cm karena nantinya petugas setrika berdiri dalam pengerjaannya agar lebih leluasa dan dapat bergerak cepat.

Selanjutnya siapkan busa sebagai pelapis dengan tebal kira-kira 1 cm atau lebih sesuai selera. Busa itu diletakkan pada penampang besi berbentuk jaring yang sudah dilas sedemikian rupa. Setelah itu buatlah kain pelapisnya, pilih kain yang cukup tebal dan kemudian dijahit seperti membuat sarung bantal kemudian masukkan busa pelapis.

Biar tidak bergeser kain yang menyelimuti busa, diberikan pengikat benang ke bawah yang saling mengait. Tapi kalau Anda menggunakan meja yang terbuat dari kayu, cukup dipaku atau menggunakan staples atau alat lainnya.

Nah, sudah jadi meja setrika yang telah kita buat. Selanjutnya Anda membuat gawangan untuk meletakkan selang setrika agar tidak menjuntai yang akan merepotkan dalam pengerjaannya. Anda bisa membuat agar selang setrika berada di atas kepala yakni boleh dengan memasang siku di tembok dan mengikatnya atau membuat pengait dari kayu atau besi yang menjulang untuk mengikat selang setrika.

Tiang tersebut memang digunakan untuk menggantung selang setrikaan agar memudahkan proses pengerjaannya. Biasanya tiang letaknya di sebelah kanan karena pada umumnya orang Indonesia mengerjakan sesuatu dengan tangan kanan. Selang yang menjuntai tersebut adalah yang tersambung dengan boiler, sedangkan yang satu lagi untuk pembuangan tidak perlu disangkutkan tapi langsung ke media pembuangan semisal ember.

Demikian cara membuat meja setrika uap dengan kayu atau besi secara sederhana. Tapi bila tidak ingin ribet, Anda bisa membeli secara fabrikan dengan model tertentu. Umumnya mereka menjual dengan dua tipe, meja vakum model biasa yang lebar dan model setrika orang menyebut setrika buaya untuk ukuran single. Tentu saja tipe ini lebih praktis karena sudah ada alat penghisap udara agar pakaian cepat dingin langsung bisa segera packing. Pilihan tergantung Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

97 − 91 =

Paling Populer

To Top
error: Konten Dilindungi !!