Info

Begini Yang Harus Dilakukan Bila Facebook Benar-benar Diblokir

Bila Facbook diblokir

Pengusaha laundry yang gemar beriklan di Facebook bisa gigit jari bila hal ini benar-benar diblokir. Sepertinya pemerintah tidak main-main karena belum lama ini media sosial serupa yakni Tumblr tidak bisa diakses di Indonesia.

Ini akibat data pengguna Facebook disalahgunakan pihak ketiga atau istilahnya telah dicuri lembaga konsultan politik Cambridge Analytica dan Indonesia adalah salah satu di antaranya yang menjadi korban. Mereka bisa mengakses data pengguna tanpa sepengetahuannya. Kenapa mereka bisa mengakses data kita?

Kebocoran data 1,3 juta pengguna Facebook di Indonesia membuat berang Menkominfo dan berniat memblokir sementara Facebook. Menurut Sukamta, pemerintah terlalui baik pada Facebook tidak seperti memperlakukan Tumblr dan Instagram. Menurutnya, Facebook sebaiknya diblokir dulu baru diajak bicara. “Jangan dipanggil dulu, dielus-elus kepalanya, baik ditanya apa maunya.”, paparnya. Kalau  perlu presiden buat perppu agar Kominfo punya dasar yang kuat untuk blokir Facebook.

Apa yang harus dilakukan bila Facebook diblokir?

Jangan bersedih, masih banyak media sosial yang sejenis yang bisa Anda gunakan untuk bermain media sosial. Media sosial apakah sajakah yang ada?

  1. Twitter, cukup populer di Indonesia yang penggunanya mencapai 330 juta di seluruh dunia. Media sosial berformat mikro-blogging bisa menulis pesan dengan batasan 160 karakter dan dikenal dengan sebutan tweet.
  2. Instagram, ini kepunyaan Facebook juga, Instagram adalah layanan jejaring sosial foto dan video sharing. Penggunanya pun cukup banyak ada 234 juta orang memakai aplikasi ini.
  3. Google Plus, jejaring sosial yang digadang-gadang mengalahkan Facebook ini juga tak kalah menarik. Pengguna aktif saat ini adalah 111 juta orang.
  4. Pinterest, berkembang terbatas pada gambar dan video animasi untuk menjelajah informasi di World Wide Web.
  5. LinkedIn, orientasinya pada penggunaan bisnis dan layanan kepegawaian pada website dan aplikasi.
  6. Vkontakte, sering disingkat dengan VK adalah layanan media sosial yang berbasis di Rusia dan sangat populer terutama di Eropa dan negara-negara pemakai bahasa Rusia.

Dan masih banyak lagi yang penulis belum sebutkan dan pastinya patut Anda coba. Hal ini untuk mengatasi bila media sosial Facebok benar-benar akan diblokir oleh pemerintah. Lalu bagaimana bila terlanjur kadung pada aplikasi buatan Mark ini?

Direktur Indonesia New Media Watch, Agus Sudibyo mengatakan sebaiknya masyarakat harus berdiet penggunaan media sosial. Menggunakan seperlunya saja, jangan berlebih-lebihan. Jadi jangan terlalu sering gunakan media sosial untuk aktivitas-aktivitas.

Akan diblokirnya Facebook sebagai media sosial terpopuler di Indonesia mendapat perhatian serius dari kalanan wakil rakyat. Kominfo diharapkan tidak gegabah dalam memblokir sebuah situs. Banyaknya pertimbangan dalam memblokir situs Facebook yang salah satunya manfaat dari situs tersebut untuk banyak orang, menjadi kesan tersendiri dari kementrian tersebut.

Pengguna diharapkan mengerti dan ini bagian dari literasi masyarakat bahwa jangan mudah terkoneksi dengan digital dan hal ini semua bisa menjadi data dan bagi pihak-pihak tertentu bisa disalahgunakan untuk kepentingan tertentu. Apalagi saat ini Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi yakni pemilihan presiden 2019.

Disinyalir bocornya data Facebook ini karena 270 juta pengguna telah melakukan kuis kepribadian, 87 juta di antaranya diakses oleh pihak ketiga tanpa diketahui oleh sang punya akun. Oleh karena itu, jangan mengikuti kuis aneh yang menjadikan data kita diakses secara ilegal. Imbasnya tentu saja pengguna lain akan tidak bisa mengakses Facebook bila hal ini diblokir oleh pemerintah.

Pakai Virtual Private Network

Rencana diblokirnya situs Facebook mendapat tanggapan dari masyarakat. Sebagian ada yang setuju dan senang karena media sosial ini sudah menjadi candu masyarakat. Orang betah berlama-lama fesbukan bahkan lupa waktu. Mungkin bagi developer/programmer akan menjadi tantangan sendiri untuk menciptakan media sosial baru rasa Indonesia seperti yang dilakukan oleh negeri Tirai Bambu.

Untuk sementara, nantinya Anda bisa menggunakan Virtual Private Network yang akan menghubungkan jaringan pribadi ke jaringan publik dan pengguna dapat mengakses untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan berbagi atau publik bilamana komputer kita dikoneksikan dengan jaringan pribadi. Ada banyak layanan selanjutnya disingkat VPN yang bebas bea dan dapat Anda nikmati. Penulis juga memakai cara metode ini untuk mengakses situs Tumblr. Padahal konten sama sekali tidak unsur por***grafi atau lain yang disangkakan pemerintah. Situs tersebut adalah tentang informasi laundry dan mau tidak mau, suka tidak suka kena imbasnya karena perbuatan dari pengguna lain.

 

 

Cari parfum laundry? Klik www.parfum.biz.id
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Cara Mendapatkan Pelanggan Laundry Pertama Dari Internet – Laundry Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− two = one

Most Popular

Sekretariat

Griya Alam Sentosa Blok Y19/1, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Iklan: 085773009666

Partner Site

Kopikanan © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top
error: Konten Dilindungi !!